Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif

Bapak Asep Supena yang terhormat, 

Saya David, pengelola sebuah sekolah swasta. Dari majalah diffa saya membaca tulisan tentang sekolah-sekolah inklusif yang menerima siswa berkebutuhan khusus.

Saya ingin mengembangkan sekolah kami menjadi sekolah inklusif. Apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengembangkan sebuah sekolah menjadi sekolah inklusif? Mohon penjelasan Bapak. Terima kasih.

Salut untuk Pak David

Pertama-tama saya sampaikan salut dan penghargaan atas keinginan Anda untuk menyelenggarakan pendidikan inklusif. Tidak mudah menemukan orang yang memiliki keinginan untuk menerima dan melayani anak berkebutuhan khusus.

Berdasarkan pengalaman saya mencermati pelaksanaan pendidikan inklusif di berbagai tempat di Indonesia, modal pertama untuk menyelenggarakan pendidikan inklusif adalah keinginan, semangat, dan komitmen. Modal tersebut kini sudah ada pada Anda. Maka, aspek-aspek selanjutnya yang harus diupayakan dan disediakan di sekolah Anda dapat saya jelaskan.

konsultasi13 1Pertama, ada satu orang guru yang memiliki kualifikasi pendidikan dan atau keahlian dalam bidang pendidikan luar biasa (pendidikan khusus). Artinya, dia lulusan (sarjana) dari jurusan pendidikan luar biasa. Atau, yang bersangkutan telah lama berpengalaman dalam menangani anak berkebutuhan khusus (ABK), walaupun bukan sarjana pendidikan luar biasa. Guru ini akan bertugas sebagai motor penggerak dan konsultan bagi guru-guru lain dalam penanganan ABK. Di lapangan, guru ini dikenal dengan sebutan GPK, singkatan dari guru pembimbing khusus.

Kedua, guru-guru umum (reguler) yang ada di sekolah Anda paling tidak memiliki pengetahuan atau pemahaman dasar tentang ABK dan bagaimana mereka belajar, khususnya dalam konteks pendidikan inklusif. Artinya, perlu ada sosialisasi dan pembekalan kepada para guru mengenai hal ini. Ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Saat ini banyak tulisan tentang anak berkebutuhan khusus dan tentang pendidikan inklusif, termasuk yang ada di majalah diffa.

Cari Artikel

Versi Cetak

Mitra

fordbanner

Corporate Social Responsibility

mediakita 2012 3

 

320x60-df

logoIB2a

Puisi-puisi

Majalah Diffa on Facebook



Jaringan

 

LogoRumahAutis

Logo Daksa

logo-gagasmedia

sehjiralogo

 thisablelogo