Tunanetra Juga Main Tenis Meja

 

Olahraga tenis meja bukan hanya milik mereka yang bisa melihat. Tunanetra pun bermain tenis meja. Jenis olahraga ini juga dipertandingkan di turnamen-turnamen olahraga untuk para penyandang disabilitas. Olahraga tenis meja biasanya diajarkan di sekolah-sekolah luar biasa serta pusat-pusat rehabilitasi untuk tunanetra. Seperti halnya permainan tenis meja pada umumnya, tenis meja tunanetra juga dimainkan oleh laki-laki ataupun perempuan, baik single maupun double. Namun, peralatan yang digunakan tunanetra sedikit berbeda dari tenis meja yang dimainkan orang yang tidak tunanetra.

 

 

Meja dan Bola Khusus

bugar7 1Ukuran bola tenis meja untuk tunanetra sama dengan bola tenis meja pada umumnya. Perbedaannya, bola tenis meja tunanetra dilengkapi dengan gotri, yaitu biji-bijian sebesar kacang hijau dari logam, yang dimasukkan ke dalam bola. Fungsi biji-biji logam ini adalah sebagai sumber bunyi.

Saat bola dipukul atau menggelinding, biji-biji logam akan saling beradu dan menimbulkan bunyi. Bunyi ini membuat tunanetra yang bermain tenis meja mengetahui arah bola bergerak. Biji-biji logam itu membuat bola tenis meja tunanetra menjadi lebih berat dibandingkan bola tenis meja biasa.

Meja tenis untuk tunanetra juga berbeda. Sepanjang sisi meja dilengkapi jalur seperti parit kecil berpermukaan landai selebar kurang lebih 5 cm dengan kedalaman setengah besar bola. Parit kecil ini berfungsi sebagai tempat jatuh bola. Dengan demikian, ukuran meja untuk tunanetra lebih lebar dibanding tenis meja biasa. Namun, ukuran areal meja sebagai bidang bermain pada dasarnya sama.

bugar7 3Di dalam parit tadi, baik sisi kanan maupun kiri, terdapat garis batas bola masuk yang berarti menambah poin angka atau bola keluar atau bola mati yang berarti tidak menambah poin. Pada parit yang berada di hadapan pemain terdapat “garis ganda”, yaitu garis yang memisahkan posisi pemain ganda. Kedua garis tersebut dibuat dalam bentuk timbul, sehingga dapat diraba tunanetra yang sedang bermain.

Peletakan net pada tenis meja tunanetra juga sedikit berbeda. Net dipasang dengan posisi lebih tinggi, kurang lebih berjarak 4 cm di atas meja. Fungsi ruang yang lebih tinggi ini sebagai jalan bergulirnya bola dari satu sisi meja ke sisi lainnya. Dalam pertandingan, ketinggian net selalu dicek agar tidak mengganggu permainan atau merugikan pemain.

 

Cari Artikel

Versi Cetak

Mitra

fordbanner

Corporate Social Responsibility

mediakita 2012 3

 

320x60-df

logoIB2a

Puisi-puisi

Majalah Diffa on Facebook



Jaringan

 

LogoRumahAutis

Logo Daksa

logo-gagasmedia

sehjiralogo

 thisablelogo